Goresan Nasehat

Dan barangsiapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya dan melanggar ketentuan-ketentuan-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam api neraka sedang ia kekal di dalamnya; dan baginya siksa yang menghinakan. (AnNisaa:14)

Sesungguhnya hanya ditangan Allah sajalah hati dan jiwa manusia, tetapi Allah juga memberikan manusia akal untuk memikirkan segala ciptaannya. Kami berlindung dari kejahatan jiwa-jiwa kami dan segala keburukan amalan-amalan kami, sesungguhnya barang siapa yang telah mandapat petunjuk maka tak ada yang dapat menyesatkannya dan barang siapa yang telah disesatkan maka tak ada yang dapat memberinya petunjuk Shalawat dan salam tercurah untuk nabiullah Muhammad Shallallahu’alaihi wasallam beserta shahabat, shahabiyah, tabi’in dan tabiut tabi’in dan orang-orang yang senantiasa iltizam di jalan_Nya hingga yaumul Qiyamah.

Shahabat Salman al-Farisi berkata: “Sesungguhnya bila Allah menginginkan kehancuran dan kebinasaan bagi seorang hambaNya, maka Dia akan mencabut dari dirinya sifat malu, dan bila sudah dicabut sifat tersebut dari dirinya maka dia tidak akan menemuiNya kecuali dalam kondisi dia amat dimurkai dan murka, dan bila dia sudah dalam kondisi demikian maka akan dicabut dari dirinya sifat amanah lantas dia tidak akan menemuiNya kecuali dalam kondisi dia dicap sebagai pengkhianat dan orang yang dikhianati, dan bila dia sudah menjadi pengkhianat dan orang yang dikhianati maka akan dicabut dari dirinya sifat rahmah (sifat belas kasih) lantas dia tidak akan menemuiNya kecuali dalam kondisi dia memiliki sikap keras dan berhati kasar, dan apabila dia sudah dalam kondisi demikian maka akan dicabut sebagian iman dari tengkuknya, dan bila sudah demikian maka dia tidak akan menemuiNya kecuali dalam kondisinya yang telah menjadi syaithan yang dilaknat dan suka melaknat”.

Nawwas bin Sam’an ra. berkata,

Nabi bersabda : Kebajikan adalah akhlak terpuji, sedangkan dosa adalah apa yang meresahkan jiwamu serta engkau tidak suka apabila perkara itu diketahui orang lain. Dunia memang penuh dengan berbagai cobaan harta, tahta dan wanita tetapi bagi mereka yang beriman dan yakin akan pertolongan dan perlindungan Allah tak akan pernah gusar dan takut, bukankah semuanya telah ditakdirkannya dalam Lauhul Mahfuzh. Bergembiralah dengan hidayah yang telah berada dalam tanganmu sekarang, karena sesungguhnya hanya Allah-lah yang akan menurunkan hidayah. Hal ini berarti dirimu adalah orang-orang pilihan.

Saudariku…sesungguhnya jika hidayah telah dicabut maka, tak ada yang dapat mengembalikannya kecuali Allah.

“Barangsiapa yang berbuat sesuai dengan hidayah (Allah), Maka Sesungguhnya dia berbuat itu untuk (keselamatan) dirinya sendiri; dan barangsiapa yang sesat Maka Sesungguhnya dia tersesat bagi (kerugian) dirinya sendiri. dan seorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain, dan kami tidak akan meng’azab sebelum kami mengutus seorang rasul” (QS Al Israa:15)

Semoga nasehat ini menjadi saksi atas kita bahwa diantara kita tidak akan ada saling tuding menuding disebabkan salah satu diantara kita tidak mau saling menasehati manakala ada saudaranya yang berbuat kekhilafan lantas tidak saling menasehati. Kami meminta kesediaan antum untuk membacanya sebanyak tiga kali. Ana berdoa kepada Rabb semesta alam, yang menguasai hari pembalasan, yang menghidupkan dan yang mematikan, yang zahir dan yang bathin agar setelah membaca surat ini antum akan berubah dan hijrah secara menyeluruh tanpa rasa ragu, tanpa rasa takut kehilangan wanita yang engkau cintai, tanpa merasa khawatir ditinggalkan oleh teman-temanmu, dan tanpa rasa gundah bahwa dunia akan meninggalkanmu. Karena Rasulullah pernah bersabda barangsiapa yang hijrah karena Allah dan Rasul-Nya sesungguhnya hijrahnya itu untuk Allah dan RAsulNya dan barangsiapa yang hijrahnya karena dunia yang hendak ia nikmati atau karena wanita yang ia nikahi maka hijrahnya itu untuk apa yang ditujunya dan ia tidak akan menemui Allah sama sekali dalam hijrahnya itu. Yah…semoga kita hanya berharap melihat wajah Allah di Surga bukan wajah orang yang kita sangka kita cintai dineraka sama-sama tersiksa.

Aaamiiin….

Dari: Saudarimu di bumi Allah

Ummu ‘Umar Al Khansa’ Al Makassary Rezky Batari bint Razak

&

Ummu Fadhl Qamaria Mujahidah bint Syam As Suffingy

#diSERAMBIJurusanPendidikanBiologiUNM

Iklan

Goreskan setiap yang berjejak, ramaikan dunia dengan bongkahan ide yang membangkitkan inspirasi.. Insya Allah dakwah bil qalam.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s