Berubah

Berat rasanya waktu menuliskan ini, banyak hal yang berubah, mungkin saya pribadi yang tak merasakan, detik demi detik berlalu. Suatu hal yang dahulunya manis menjadi getir, yang terlihat garang berubah menjadi lembut, yang kelihatan sulit menjadi lebih mudah, yang lebih kompleks menjadi lebih sederhana, yang dahulunya jauh menjadi dekat dan yang dekat semakin menjauh bahkan menghilang dari peredaran hidupku. Perlahan namun pasti. Ataukah saya yang justru tak memperhatikannya dengan seksama? Merasa aman bahwa keadaan akan baik-baik saja, bahwa kehidupan akan menjadi lebih baik?…terkadang desahan nafas ini tak mampu meringankan beratnya jawaban pertanyaan yang sedang menggelayut dalam benak. Dari sudut ke sudut saya bertanya, ada apa?sekian waktu mampu mengubah manusia yang kita kenal. Mencoba menulis satu persatu nama orang-orang yang pernah mampir mengisi ruang hidup sejujurnya saya ingin mengatakan orang yang saya kenali dengan baik tapi, ternyata saya salah dengan kalimat itu. Sejujurnya tak ada manusia yang bisa kita kenali dengan baik, tak ada manusia yang stagnan. Hanya dua keadaan, menjadi lebih baik atau justru lebih buruk, na’udzubillah. Seketika saya tersadar pada sebuah fakta sederhana, terlalu banyak yang berubah. Sesaat, hati ini merasakan kekhawatiran jika menjadi orang-orang yang keadaannya justru tidak semakin membaik. Kaku jari ini mengetikkan huruf demi huruf, kelu bibir ini bergumam kesedihan, perih mata ini menahan tumpahan bulir bening, sesak dada ini mengetahui fakta yang hadir bak bola salju. Terlalu banyak yang berubah!

2 comments on “Berubah

Goreskan setiap yang berjejak, ramaikan dunia dengan bongkahan ide yang membangkitkan inspirasi.. Insya Allah dakwah bil qalam.

