Mobil Mogok Menuju Amanagappa (Part Proposal Yang Menggantung)

Pufff…….nampaknya perjalanan menuju Amanagappa mengalami kendala, entah karena alasan apa proposal yang sudah rapi jali dan siap dipertaruhkan di ruang seminar harus mengalami penolakan di ruang prodi. Kurang lebih dua jam antrian sampai giliran saya untuk mengajukan pada prodi meminta pembahas seminar, namun jauh panggang dari api belum juga proposal itu dibaca sudah dipental duluan melihat judulnya. Ilahi Rabbi…saya urut dada. Alasannya? Karena penelitian saya sulit!mendengar alasan itu saya bergumam dalam hati, “penelitian sulit bukan alasan untuk dipental kan?” Alasan lainnya adalah penelitian saya menyangkut psikologi pendidikan yang ambil spesialisasi perkembangan peserta didik sedangkan saya adalah calon sarjana pendidikan biologi.Gubrak!!yah…tapi, apa mau dikata? Saya harus bersabar. Dengan langkah gontai saya meninggalkan ruang prodi. …yang lebih hebatnya lagi seharian itu, ada tiga orang yang berasal dari satu pembimbing yang mengalami nasib serupa. Dua orang termasuk saya proposalnya ditolak sedangkan rekan yang lain malah “dibantai” di ruang seminar hasil. Sampai-sampai dosen bersitegang, satu sisi dosen ada yang membela nah di sisi lain ada yang menolak dicantumkannya satu kata pada penelitiannya karena satu kata itu tidak terintegrasi pada penelitian rekan saya..

Rabu senja kelabu hiks…saya harus mengulang dari awal lagi?Ilahi Rabbi…akhirnya saya putuskan menghubungi pembimbing melalui pesan singkat mengabarkan kalau proposal saya tidak dapat diteruskan. Dan jawaban beliau???! Beliau tidak ingin proposal penelitian saya dipending, hal itu berarti saya harus jalan terus!beliau akan membantu memperjuangkannya dengan cara menyampaikannya pada jurusan. Dan saya harus menanti perjuangan beliau disamping menyiapkan judul baru sebagai plan B (Bantuan) apabila plan A gatot alias gagal total. Alhamdulillah saya tidak sendiri, ada sahabat saya he..he..orang yang saya maksud proposalnya juga ngegantung yah dia. Tapi, dia sih masih mendingan. Tinggal diedit sedikit, bisa masuk lagi. Kami se-PA (Penasehat Akademik) yang berarti kami juga satu pembimbing. Kasusnya juga sama, judulnya tidak nyambung! He..he..penelitiannya soal gizi, lha wong dia pendidikan biologi katanya….Sabar yah Bu!benar-benar persahabatan sejati, bagusnya kita sudah atur strategi masuk ke ruang prodinya tidak bersamaan. Coba kalau bersamaan?Malu kan…kenapa?karena pastinya harus rela disaksikan di depan mahasiswa lain. Astaghfirullah..ck..ck..ck

Hmm…padahal saya sangat menyenangi penelitian itu. Sebuah penelitian yang sudah saya canangkan sejak SMA setelah membaca sebuah buku dan semakin ingin saya teliti menjelang akhir pendidikan strata satu  ini. Sebuah penelitian yang mengungkap, bagaimana seorang peserta didik bisa meng”instal ulang mental” mereka bahwa tidak ada manusia yang terlahir biasa-biasa saja, akan tetapi setiap manusia terlahir istimewa, terlahir menjadi pribadi unggul. Jika pun penelitian ini harus saya tunda, maka saya bertekad kelak akan saya gunakan pada penelitian strata dua dengan izin Allah. Tetaplah tersenyum, jangan biarkan wajahmu mendung seperti mendungnya Makassar hari ini.

Bukan karena hari ini indah lantas kita bahagia, tapi karena kita bahagia maka hari ini menjadi indah.

Bukan karena tidak ada rintangan lalu kita optimis, tapi karena kita optimis maka rintangan jadi tidak ada.

Bukan karena mudah lantas kita yakin bisa, tapi karena kita yakin bisa, semua jadi mudah.

Bukan karena semua baik lalu kita tersenyum, tapi karena kita tersenyum maka semua jadi baik.

Tetap optimis menatap hari.

Yakin Allah selalu bersama kita!

 

(Inspirasi penelitian…Born to be a Genius)

One comment on “Mobil Mogok Menuju Amanagappa (Part Proposal Yang Menggantung)

Goreskan setiap yang berjejak, ramaikan dunia dengan bongkahan ide yang membangkitkan inspirasi.. Insya Allah dakwah bil qalam.

