Empat Tipe Kepribadian

Mengenal kepribadian sangat penting saat kita berinteraksi dengan banyak orang. Dengan mengetahui kepribadian mereka bukan berarti bebas menyebutkan kekurangannya, akan tetapi memberikan kita gambaran bahwa pribadi manusia sangat unik dan melengkapi satu sama lain.

Tipe Kepribadian Koleris

Koleris merupakan karakter orang yang keras, tegas dan sangat menuntut. Energinya yang besar mampu membuatnya melakukan hal-hal yang sulit, koleris memiliki dorongan dan keyakinan kuat akan kemampuan mereka, pantang menyerah dan tidak mengenal kata gagal dalam hidupnya. Selain energi yang besar, mereka juga berpikir dengan sanga cepat. Cepat dalam mengambil keputusan. Orang koleris tidak bisa diam, mereka selalu saja mencari suatu pekerjaan, kegiatan atau proyek untuk dikerjakan. Berdiam diri adalah hal bodoh bagi mereka. Lingkungan yang penuh dengan tantangan adalah lingkungan yang mampu membuatnya semakin percaya diri dan mengasah kemampuannya pada tingkat yang optimal.

Mereka memiliki bakat menjadi pemimpin, sangat dinamis dan aktif serta sangat membutuhkan perubahan. Jika melihat kesalahan, maka walaupun tidak diminta maka mereka merasa perlu ikut memperbaiki kesalahan itu sebab, orang koleris merasa memiliki tanggung jawab. Dalam pekerjaan, orang koleris berorientasi pada target yang harus dicapai, bila menghadapi masalah, maka mereka akan selalu mencari pemecahan praktis. Mereka juga sangat tidak suka orang yang bekerja sangat lamban dan berbicara tidak langsung pada sasaran (straight to the point). Bila harus melakukan perdebatan maka mereka akan menyiapkan diri dengan sangat baik. Hal ini agar mereka bisa memenangkan perdebatan atau diskusi yang akan mereka lakukan. Keyakinan diri dan kekuatan orang koleris membuat mereka unggul dalam keadaan darurat yang membutuhkan kecepatan berpikir dalam mengambil keputusan. Kemampuan alami orang koleris ini membuat mereka mampu menyelesaikan sendiri hampir semua masalah sehingga mereka jarang membutuhkan bantuan orang lain.

Orang koleris juga jarang atau hampir tidak pernah menangis. Jika mereka menjadi pemimpin maka mereka paling tidak suka orang yang plin plan, banyak bicara tapi tidak produktif. Sebenarnya kelemahan pribadi koleris tidak ada, yang ada adalah kekuatan yang digunakan secara berlebihan. Keinginan mereka untuk menjadi pribadi nomor satu adalah hal yang alami bagi mereka. Ini tidak berarti bahwa mereka egois, tetapi ini lebih disebabkan oleh dorongan perasaan bahwa kalau mereka sudah mendapat posisi atau keadaan yang baik maka mereka akan mampu membantu orang lain dengan lebih baik. Orang koleris memang terkadang kurang bijaksana. Dalam bertindak mereka seringkali bisa menjadii sangat marah terhadap hal-hal kecil atau tindakan yang mereka anggap bodoh. Dan kalau sudah marah, mereka bisa sangat kasar dalam berbicara  (sarkastis), mereka dapat menghancurkan Anda hanya dengan menggunakan kata-kata. Walaupun demikian mereka juga mudah memaafkan orang lain. Dan sangat mudah melupakan kemarahannya. Sering terjadi saat orang disekitarnya masih bingung dengan apa yang terjadi, orang koleris sudah lupa apa yang tadi membuatnya marah.

Tipe Kepribadian Sanguin

Orang sanguine terkenal ramah dan sangat suka bicara. Ia bisa berbicara dengan siapa saja dengan menggunakan topik apa saja. Mereka penuh inspirasi dan juga sangat aktif. Dengan kemampuan bicara yang prima, sanguine bisa mempengaruhi orang lain untuk percaya pada apa yang mereka katakan. Mereka bisa menjadi pembicara yang hebat dan sekaligus motivator yang menyenangkan. Sikap mereka cenderung optimistis. Selain pintar mempengaruhi orang lain ternyata ia juga mampu dipengaruhi orang lain. Berbeda dengan orang koleris yang suka memegang kendali, orang sanguine cenderung menjadi pengikut, mereka suka jika semua orang senang padanya. Ia bisa mempunyai banyak kawan dan banyak mengenal orang penting.

Orang sanguine memiliki rasa humor yang tinggi, sehingga ia disukai oleh orang banyak. Ditambah lagi dengan antusiasme dan sikap yang ekspresif, mereka selalu menjadi bintang dalam setiap pertemuan. Mereka sangat menyukai pujian dan perhatian. Mereka adalah orang yang mempunyai impian-impian besar serta sangat kreatif dalam merencanakan sesuatu. Namun, sayangnya mereka hanya pintar bermimpi dan berencana tetapi kurang terdorong untuk mewujudkan impian dan rencananya. Disamping itu orang sanguine sering tidak disiplin dan pelupa.

Kebutuhan dasar mereka adalah pengakuan dan penghargaan. Mereka sangat takut kehilangan popularitas dan kawan, sehingga sangat rawan akan godaan dan cobaan. Dalam hal pekerjaan, orang sanguine sangat tidak suka pada pekerjaan yang rutin dan monoton. Namun sangat menyukai pekerjaan yang spontan dan penuh dengan kreativitas. Mereka mempunyai energi dan antusiasme, pandai memberikan ilham bagi orang lain dan pintar mendorong serta memotivasi orang lain untuk ikut bekerja. Orang sanguine tidak merasa kesulitan untuk berbicara dengan orang lain akan tetapi sangat sulit mendengarkan orang lain untuk berbicara. Mereka cenderung bertindak sebelum berpikir dan terkadang kurang tegas sehingga mudah diperalat oleh orang lain.

Tipe Kepribadian Phlegmatis

Jika Anda ingin berkawan maka orang phlegmatislah orangnya. Sebab mereka tidak suka menuntut, orang yang manis, tidak mendesak dan tidak suka memerintah. Mereka mempunyai  sifat pemalu dan tidak suka menonjolkan diri. Menyukai keramaian atau sosialisasi sejauh keramaian tersebut tidak berpusat pada dirinya. Orang phlegmatis adalah pribadi yang sopan dan mempunyai aturan yang baik dalam pergaulan. Tidak menyukai konflik dan pertentangan. Mereka mampu menjadi penengah yang baik karena tidak mudah tersinggung. Berlawanan dengan orang sanguine yang terbuka, pribadi phlegmatis tertutup walaupun suka bersosialisasi. Mampu menjadi pendengar yang baik. Dalam bekerja, mereka hanya bisa mengerjakan satu pekerjaan dalam satu waktu tertentu. Mampu bekerja secara monoton dan berulang-ulang serta tidak banyak variasi. Pribadi phlegmatis mampu menyimpan rahasia, jika mereka sudah berjanji untuk menyimpan rahasia maka mereka tidak akan pernah mau dengan sengaja menceritakan rahasia itu kepada orang lain.

Satu hal yang sulit bagi pribadi phlegmatis adalah untuk berkata “tidak”. Mereka memiliki sifat menyerah dan suka menyenangkan orang lain. Mereka akan berusaha mengerjakan apa yang diinginkan oleh orang lain. Sifat inilah yang terkadang dimanfaatkan oleh tipe kepribadian lain. Mereka dengan mudahnya dibujuk untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak ingin mereka lakukan atau membeli barang yang sebenarnya tidak mereka butuhkan. Mereka suka dengan keadaan yang stabil, dan cenderung tak ingin keluar dari comfort zone  mereka. Phlegmatis tidak menyukai kejutan atau perubahan yang drastis. Karena mereka tidak terlalu banyak menuntut maka pribadi ini dapat menerima hidup apa adanya. Berkawan dengan orang phlegmatis sangatlah menyenangkan karena mereka adalah orang yang rendah hati, sabar dan simpatik. Mereka mempunyai rasa simpati dan empati yang besar terhadap penderitaan orang lain.

Orang phlegmatis adalah pribadi konservatif, mereka selalu berpegang pada norma dan aturan yang bagi mereka sudah terbukti keberhasilannya. Disamping itu mereka sangat praktis dan selalu mencari solusi yang paling sederhana dari setiap masalah yang dihadapi. Orang phlegmatis kadang kala menjadi sangat penakut, plin plan karena tidak ingin mengecewakan orang lain atas jawaban yang diberikan. Orang phlegmatis juga cenderung mencari selamat, mereka takut mendapat malu. Orang phlegmatis kadang kala kurang bersemangat, kurang motivasi. Mereka lebih suka diam dan menunggu perintah untuk mengerjakan sesuatu.

Tipe Kepribadian Melankolis

Orang melankolis adalah orang yang sangat serius dan tertutup, namun cerdas dan sangat kritis dalam berpikir. Mereka mampu mengerjakan satu pekerjaan dengan sangat tekun dibandingkan dengan tipe kepribadian lain. Mereka memahami sesuatu setahap demi setahap, dan mereka menjalani sebagian besar hidupnya dengan sangat serius. Mereka bisa melihat hal-hal yang tidak terlihat kebanyakan orang karena tingkat ketelitian dan ketajaman analisisnya. Mereka adalah individu yang cakap.

Orang melankolis sangat berhati-hati, teliti dan suka curiga. Mereka tidak senang membuat kesalahan. Orang melankolis senang dengan detail, mereka menyukai data, fakta, angka-angka dan grafik. Orang melankolis menuntut “ikut aturan”. Mereka taat mengikuti instruksi dengan seksama dan tidak mengerti mengapa orang lain tidak bisa melakukan hal yang sama. Mereka tidak keberatan jika tidak mendapat pujian atas pekerjaannya, tetapi mereka akan sangat marah jika disalahkan atas apa yang tidak mereka perbuat. Mereka merasa bahwa pekerjaan akan mencerminkan siapa diri mereka. Oleh karena itu hasil kerjanya harus benar dan baik.

Orang melankolis juga sangat konsisten. Sama seperti orang phlegmatis, orang melankolis senang mengerjakan sesuatu dengan cara yang sama. Prinsipnya, jika telah berhasil satu kali mengapa harus mengubahnya? Sifat konsisten ini juga membuat orang melankolis cenderung menjadi conformist, khususnya bila suatu cara atau metode yang ingin digunakan telah terbukti berhasil dengan baik, maka mereka cenderung tidak mau menggunakan cara lain.

Orang melankolis memiliki perasaan yang sangat halus, mereka tidak mau menyinggung perasaan orang lain. Sebaliknya demikian juga, mereka tidak mau orang lain menyinggung perasaan mereka. Bila seseorang membuat mereka marah dan orang itu tidak meminta maaf, maka orang melankolis akan menyimpan kemarahan dan dendam mereka untuk waktu yang lama. Dalam pekerjaan, orang melankolis selalu berorientasi pada jadwal, mereka menentukan standar yang tinggi dan bersifat perfeksionis. Sangat terorganisir dan tertib.

Orang melankolis sangat sulit memulai interaksi dengan orang lain. Mereka juga suka berteori. Tidak suka bersosialisasi dan merasa damai dan bahagia dengan diri mereka sendiri.

Setiap kepribadian diatas akan saling berkombinasi satu sama lain. Misalnya koleris-sanguin, sanguine-koleris, koleris-melankolis, melankolis-koleris, melankolis-phlegmatis, phlegmatis-melankolis, sanguine-phlegmatis, phlegmatis-sanguin.

Bagi yang ingin mengetahui tipe kepribadiannya, silahkan tinggalkan jejak pada Comment. Saya akan mengirimkan kuisnya. Dan Insya Allah Anda akan tau berada pada tipe pribadi yang mana. Sebagai tambahan, saya juga akan memberikan tips memilih bidang pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian tersebut.

Semoga bermanfaat!

Iklan

24 comments on “Empat Tipe Kepribadian

  1. kalo membaca artikel ini, saya cenderung ke Koleris. dan memang setelah mengikuti bbrp kuis hasilnya koleris!
    Kekurangan koleris itu lebbay terhadap kekuatan, *sotta.com

  2. Hehehe…intinya toh kak, kita sama-sama koleris…waktu LDK-nya FUM saya isi jatuhnya kombinasi koleris sanguine…trus rajin juga dengar Indonesian Strong from Home-nya Ayah Edy di SMART Fm jadimi tambah kuat analisa kepribadiannya…

    dan paling penting…kita Lebbay…Hehe…

  3. mudah dek, yang penting punya sensitifitas dalam berinteraksi maka kita bisa dengan mudah memahami pribadi orang lain. ajak akhwat baca postingan ini, dan yang bertanya insya Allah saya beritahu tipe kepribadiannya selama pernah berinteraksi lama dengan saya….*Sok terkenal hehehe*

  4. Assalamu’alaykum…
    Kakak, baru lagi berkunjung ^^
    Kalau saya apa kak?? hmm…… tdk pernah ki berinteraksi lama kakak.. jadi ??
    Hmmmm…. boleh kita kirimkan ka kuisnya kak??
    Waduh…… merepotkan sekali ^^
    hmmm…. kakak, kita kayak kuliah jurusan psikologi… memang biologi belajar ini juga ka kak???

Goreskan setiap yang berjejak, ramaikan dunia dengan bongkahan ide yang membangkitkan inspirasi.. Insya Allah dakwah bil qalam.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s