Mereka Bagian Inspirasiku

Terkadang kita dibuat terkagum-kagum oleh ratusan kisah heroik picisan ala anak muda. Atau sederet kisah berlabel “Islam” yang menggelora. Hanya saja, untuk yang satu ini saya begitu tersentak dan terinspirasi. Saya hanya tak bisa membayangkan sebuah zaman yang berisi orang-orang super. Bagi kita super bisa berarti superman, batman, spiderman, de el el..tapi inilah mereka para sahabat Rasululllah Shallallahu’Alayhi Wasallam.

Sirah telah menorehkan kehebatan mereka. Ratusan pribadi telah melalui proses tarbiyah oleh madrasah nubuwwah yang kental dengan aroma wahyu dan kepekatan didikan sang Uswah. Ratusan pribadi itu tak menjadi sosok yang lain dalam proses pembentukannya. Tak menjadi sosok yang asing bagi keluarganya atau kerabatnya kecuali satu dasar prinsip taqwa yang kian menghujam. Mereka tumbuh dalam sibghah yang luar biasa, menembus batas kisah manusia super abad ini. Merekalah sahabat sang Nabi.

Sebut saja empat sahabat nabi yang bergelar khulaaurrasyidin. Abu Bakr Ahs Shiddiq. Siapa yang tak mengenalnya di sisi sang Nabi dengan gelar yang tak sembarangan, Ash Shiddiq. Menemani Nabi dalam hijrah, pun jika ada kekasih yang diinginkan Rasulullah setelah Allah, maka beliau akan memilih Abu Bakr. Umar bin Al Khattab, pemuda berani yang syaithan pun lari tunggang langgang dibuatnya. Dengan pedang terhunus mampu membuat pemuka-pemuka Quraisy keder untuk menghadangnya berhijrah. Seorang khlaifah dengan pencapaian gemilang. Keberaniannya tak pernah surut bahkan mengobar setelah cahaya hidayah menghangatkan dadanya. Utsman bin Affan. Sang miliarder yang tak tanggung-tanggung dalam menyedekahkan hartanya dalam setiap peperangan fi sabilillah. Pemuda yang sangat pemalu hingga makhluk Allah yang mulia yaitu malaikat pun malu pada beliau. Dan Ali bin Abi Thalib. Sepupu baginda Rasul. Keberaniannya dalam menggantikan Rasulullah di tempat tidur cukup menjadi alasan pembelaan yang luar biasa. Ia termasuk sahabat yang menerima hidayah lebih dahulu.

Maka, saya menjadi semakin yakin bahwa proses tarbiyah itu sejatinya menanamkan kesejatian nurani fitrah sebagai manusia. Mengutuhkan segenap potensi. Menggenapkan segala motivasi dan menajamkan visi dan misi.

Dijalan perjuangan…inspirasi adalah bagian yang tak terpisahkan..

Iklan

Goreskan setiap yang berjejak, ramaikan dunia dengan bongkahan ide yang membangkitkan inspirasi.. Insya Allah dakwah bil qalam.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s