Perjuangan Itu…

Sudah lama jemari ini tidak menumpahkan kisah yang lalu lalang dalam setiap desah nafas yang berhembus. Saat ketauhidan teruji, saat cinta memanggil-manggil, saat perjuangan menanti, dan saat persahabatan berbuah manis. Ingin saya tuliskan satu persatu agar terpuaskan dahaga memberi hak pada setiap waktu yang telah digunakan. Agar kelak mereka yang tidak mengenal saya tau kalau saya pernah ada sedangkan bagi mereka yang telah mengetahui semakin kenal dengan sosok pribadi yang penuh kekurangan ini.

Saat ketauhidan itu teruji adalah saat yang berat untuk memberi kekuatan pada kaki yang berpijak pada kebenaran. Keyakinan bahwa pertolongan selalu datang di titik-titik nadir senantiasa menusuk-nusuk kesadaran, tetapi ketika tusukan itu tidak terasa efeknya seolah keraguan bahwa pertolongan itu ada kian mencuat. Wa kafa billahi syahida..hanya kata itu yang bisa keluar dan memberi penjelasan. Ini bukan kegagalan! Tetapi sebuah pelajaran berharga tentang arti bahwa perjuangan tak melulu menunjukkan hasil di akhir, tetapi proseslah yang melahirkan karya-karya gemilang tanpa batas pada perjalanannya. Setidak-tidaknya tak perlu ada pribadi yang terjengkang, terlempar, terbuang, tersakiti, tersusahkan dalam perjuangan itu. Jiwa-jiwa itu tumbuh dengan perlahan namun pasti. Menunjukkan mekarnya bunga-bunga hidayah, menajamkan pribadi-pribadi pejuang, melahirkan sosok-sosok tangguh yang sedikit mengalami kehilangan generasi untuk sesaat. Bukan hanya itu, kegembiraan akan manisnya tangis karena gelisah oleh prosesnya menjadi sensasi tersendiri untuk semakin mendekatkan diri pada Yang Menggenggam Segalanya. Kegelisahan telah mengantarkan pada satu tahap ma’rifah lagi. Ikhlas…karena perjuangan itu hanya milik mereka yang betul-betul berjuang, bukan mereka yang hendak dikatakan pejuang!

Iklan

6 comments on “Perjuangan Itu…

Goreskan setiap yang berjejak, ramaikan dunia dengan bongkahan ide yang membangkitkan inspirasi.. Insya Allah dakwah bil qalam.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s