Keep Ur Heart!

Jagalah hati

the original picture was from here

Siapa yang tidak kenal hati?? Makhluk paling lembut yang pernah Allah ciptakan, menyibuki segala macam aktivitas kita hingga mengusang oleh jutaan gesekan rasa. Dialah hati. Yang terletak diantara dua jari jemari Ar rahman, betapa mudahnya ia berbolak balik seperti telah diwasiatkan nabi dan direkam oleh ahlul hadits.

Benarlah jika hati itu mampu menangkap getar, mengolah dan memutuskan untuk diredam atau diresonansikan. Hati menangkap getar rasa, mengolah hingga berjibaku menjadi sebuah keniscayaan, memberi putusan yang menganak dua arah, keburukan atau kebaikan namun disaat yang sama mampu meresonansikannya dengan gelombang yang sedemikan rupa.

Mari sejenak menyapanya, mengelusnya dengan lembut dan menuntunnya dengan perlahan. Hati, bisa menjinak oleh iman dan liar dengan nafsu. Yah, iman mampu menjinakkannya. Iman yang disusun oleh pondasi-pondasi ilmu. Sedang nafsu mampu mengabaikannya dari nyata dan tenggelam oleh angan yang menyublim mimpi. Sibuki hati dengan kerja yang menakjubkannya, karena ia makhluk tersibuk. Candai hati dengan sunnah, karena ia sewaktu-waktu lelah dan ingin mengabaikan semuanya bahkan yang fardhu. Senyumkan dengan ilmu, karena ia bisa kehilangan orientasi dalam perjalanannya. Tangiskan dengan surat cintaNya, karena ia bisa membatu tanpa diduga. Maka, jika hati tengah penuh dengan tata kelola yang apik, tiada lagi hati yang mesti sakit oleh ulah hati-hati yang lain, tiada lagi hati yang tercederai oleh laku yang mematikan, tiada lagi hati yang merana karena virus-virus mematikan.

So, keep ur heart!

#sebuah perenungan hati oleh hati dari hati dan untuk hati yang lebih baik…

Iklan

10 comments on “Keep Ur Heart!

  1. its heart, its not liver… dalam bahasa Arab dipakai istilah Qalb dan semua itu harusnya berarti jantung. Tapi sayang serapan bahasa kita sudah salah sejak awal…
    tapi apapun itu, terima kasih untuk asupan qalbu dalam tulisan ini…

    • Bismillah

      Shahih ustadz, Qalb yang kami pahami pun demikian adanya.. cukup banyak tulisan yg menjelaskan makna qalb yg sebenarnya yg bermakna jantung, dan betul sekali bahwa makna serapan memang sdh dari sononya salah, mungkin lebih cocok memaknakannya perasaan saja.. So, keep ur heart bisa bermakna jagalah jantung Anda.. Kan heart dlm Inggris maknanya jantung, Rasulullah shallallahu Alayhi wasallam pun menunjuk dada beliau ketika mengatakan letak takwa, dan bukan menunjuk daerah sekitar lever ato hepar..

      Semoga manfaat..

Goreskan setiap yang berjejak, ramaikan dunia dengan bongkahan ide yang membangkitkan inspirasi.. Insya Allah dakwah bil qalam.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s