Suatu Yang Pasti

Bismillahirrahmanirrahim

Untuk suatu yang pasti, mengapa meragu?

Untuk suatu yang tak terbantahkan, mengapa tak bersiap?

Gambar

Adakah hal yang absolut didunia ini?? Ada. Itulah kematian. Kematian yang akan senantiasa mengintai setiap jiwa, yang harus selalu diwaspadai kedatangannya. Sebagaimana telah diberitakan dalam kalamullah yang tak terbantahkan,

tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. dan Sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga, Maka sungguh ia telah beruntung. kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. (QS. Ali Imran:185)

Katakanlah: “Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”(QS. Al Jumuah:8)

Tiada satu pun manusia yang bisa lari darinya, tak dapat dimundurkan, tak dapat dimajukan, tidak dapat ditunda meski seseorang berada di dalam benteng yang kokoh dan tinggi,

Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh... (QS. Annisaa:78)

Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila telah datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengenal apa yang kamu kerjakan.(QS. Al Munaafiquun:11)

Jikalau Allah menghukum manusia karena kezalimannya, niscaya tidak akan ditinggalkan-Nya di muka bumi sesuatupun dari makhluk yang melata, tetapi Allah menangguhkan mereka sampai kepada waktu yang ditentukan. Maka apabila telah tiba waktunya (yang ditentukan) bagi mereka, tidaklah mereka dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak (pula) mendahulukannya. (QS. An Nahl:61)

dan apa lagi yang ditunggu oleh manusia selain bersiap menghadapi kematian yang absolute itu?

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu bahwa “Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. bersabda: “Perbanyaklah olehmu semua akan mengingat-ingat kepada sesuatu yang melenyapkan segala macam kelezatan –yaitu kematian-. (HR.Tirmidzi)

Mari mempersiapkan diri menghadapi kematian yang menjadi pintu penjelas posisi kita di akhirat. Kematian adalah salah satu pintu dari pintu-pintu yang akan kita lewati.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

Tidak ada sesuatu yang dialami anak Adam dari apa yang diciptakan Allah lebih berat daripada kematian. Baginya kematian lebih ringan daripada apa yang akan dialaminya sesudahnya. (HR. Ahmad)

Dibumi manusia akan menemui ajalnya, dengan cara apa dia menemuinya, serta kapan tu terjadi adalah hal ghaib yang hanya Allah yang mengetahuinya,

Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal (QS. Luqman:34)

Dan semoga tiada kalimat terakhir yang tercetus dari lisan ini selain kalimat tauhid,

Dari Mu’adz radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang akhir percakapannya itu Laa ilaha illallah, maka ia akan masuk syurga.” (Hadits riwayat oleh Imam Abu Dawud dan Hakim)

#Untuk saudariku seperjuangan di jalan dakwah Sutriani binti Halim –rahimahallah- (010313), rasanya hingga detik ini saya tak sanggup menjejakkan kaki di mushallah sekolah yang menghimpun sejuta memori bersama dalam dakwah dan tarbiyah. Semoga Allah melapangkan kuburnya dan menempatkannya pada posisi yang terbaik, aamiin yaa mujiib#

Iklan

One comment on “Suatu Yang Pasti

Goreskan setiap yang berjejak, ramaikan dunia dengan bongkahan ide yang membangkitkan inspirasi.. Insya Allah dakwah bil qalam.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s